Ada dua plugin yang bisa digunakan untuk migrasi blogspot ke wordpress yaitu Blogger Importer dan Blogger Importer Extended, masing2 plugin punya kelemahan dan kelebihan.

Plugin Blogger Importer bisa mengimpor semua posting namun tidak bisa impor gambar/image. Plguin Blogger Importer Extended bisa mengimpor gambar namun tidak bisa impor semua posting, dari pengalaman saya, hanya 53% posting yang berhasil diimpor.

Jadi bagaimana sebaiknya?

Mulai dulu import dengan plugin Blogger Importer Extended

Pengalaman migrasi blogspot ke wordpress dengan plugin Blogger Importer Extended

Plugin yang digunakan: Blogger Importer Extended

Setelah instal plugin, pastikan anda di saat yang bersamaan sudah login ke blogger, karena plugin tsb akan meminta otorisasi ke blogger untuk persetujuan koneksi antara wordpress dengan blogger.

Case: jumlah post di blogger adalah 320 posting, jumlah comment: 256, jumlah image: 325

  1. pada saat import post menunjukkan progres 200/320  muncul pesan error The importer has stopped unexpectedly! But… don’t worry! It will restart automatically in 135 seconds.
    Tindakan: Biarkan saja, tunggu sampai selesai restartnya
  2. pada saat import post menunjukkan progres 300/320  muncul pesan error yang sama The importer has stopped unexpectedly! But… don’t worry! It will restart automatically in 135 seconds.
    Tindakan: Biarkan saja, tunggu sampai selesai restartnya
  3. import 256 komentar lancar, tidak ada masalah dan selesai tanpa eror.
  4. import gambar 50/354 restart
  5. 97/354 berhenti lagi
  6. 105 stuck!
  7. finish

hasilnya, tidak semua post ter impor ke wordpress, 170 kontent berhasi terimpor, 150 gagal terimpor.

Next, seluruh post dihapus, lalu import dengan plugin Blogger Importer, dengan plugin ini seluruh post dipastikan berhasil terimport.

baru setelah itu cocokkan antara blogspot dan wordpres Anda, mungkin masih perlu kerja-kerja manual untuk memastikan content di blogspot sama persis dengan posting2 di wordpress.

Selamat mencoba!

Tagged:

About The Author

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *